Pages

Kamis, Juni 12, 2014

Ppengenalan Internet

Internet  (Inter-Network)   adalah  sebutan  untuk   sekumpulan  jaringan    komputer   yang menghubungkan situs  akademik,    pemerintahan,     komersial,   organisasi,   maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomnunikasi dan sumber daya informasi  untuk  jutaan  pemakainya  yang  tersebar  di  seluruh  dunia.  Layanan  internet meliputi komunikasi langsung (email, chat), diskusi (Usenet News, email, milis), sumber daya  informasi  yang  terdistribusi  (World  Wide  Web,  Gopher),  remote  login  dan  lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.

Jaringan yang  membentuk  internet bekerja  berdasarkan  suatu set protokol  standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan  komputer dan mengalamati  lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error handling),  lalu lintas  pesan, dan  standar  komunikasi   lainnya.  Protokol  standar  pada internet  dikenal  sebagai  TCP/IP   (Transmission    Control  Protocol/Internet  Protocol).

Protokol  ini  memiliki  kemampuan  untuk  bekerja     diatas  segala jenis komputer,  tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan. Sebuah  sistem  komputer  yang  terhubung     secara  langsung  ke  jaringan memiliki  nama domain dan alamat IP (Internet Protocol) dalam bentuk numerik dengan format tertentu sebagai pengenal. Internet juga  memiliki gateway ke jaringan  dan layanan yang berbasis protokol lainnya. Baca Lebih Lanjut


0 komentar: